NAMA: MUHAMMAD FADHIL MUTHAHIR
NRP:520321024
PRODI: NAUTIKA
KELAS: 2A
Nahkoda/capten
Mualim I /Chief Officer
Mualim I adalah seorang pelaut berlisensi dan kepala departemen dek di kapal niaga. Mualim I adalah perwira jaga, dan bertanggung jawab atas kargo kapal dan awak dek. Mualim I bertanggung jawab kepada nakhoda atas keamanan dan keselamatan kapal.
Tugas dan Tanggung jawab mualim I (Chief Officer) di atas kapal adalah sebagai berikut
- Memuat dan membongkar kargo dengan menyiapkan rencana pemuatan dan pembongkaran kargo.
- Bertanggung jawab atas Dek dan semua peringkat Dek, Bosun, Pump Man, AB, OS, Chief Cook, dan Steward. Memberi mereka jadwal kerja harian mereka.
- Memimpin deck departement termasuk menggantikan Nakhoda jika Nakhoda tidak bisa/ berhalangan.
- Bertanggung jawab atas segala administrasi muatan kapal.
- Menyusun working procedure dan perencanaan perbaikan kapal bagian dek.
- Pemeliharaan geladak dan overhaul mesin geladak.
- Mengawasi inventaris perlengkapan navigasi dan peralatan lain di bagian dek.
- Membuat daftar perbaikan dan indentasi.
- Bertanggung jawab atas komunikasi GMDSS.
- Watchkeeping / jaga laut sesuai dengan jam jaganya.
- Menambatkan kapal di tempat berlabuh.
- Biasanya petugas keselamatan kapal, meskipun ia dapat mendelegasikan tugasnya mengenai keselamatan kepada Mate ke-3.
- Bertanggung jawab di dek untuk keadaan darurat apa pun, melapor kepada Nakhoda sebagaimana mestinya.
-Mualim II /Second Officer
- Membuat Route Voyage / Perencanaan lintasan: dia harus memilih bagan, menggambar jalur, dan menghitung jarak.
- Bertanggung jawab untuk mengoreksi grafik, arah berlayar, daftar sinyal cahaya dan kabut, sinyal radio dan memperbarui peringatan navigasi.
- Menyiapkan laporan noon report.
- Pengujian peralatan di bridge.
- Menyiapkan abstrak deck log setiap akhir bulan.
- Membantu dalam membuat stowage plan sesuai dengan mate receipt.
- Pemeriksaan free board setelah bongkar muat muatan dan ketika kapal siap berlayar.
- Menyusun Hatch list terkait dengan muatan yang sudah loading dan akan discharge sesuai dengan urutan pelabuhan tujuan.
- Melaksanakan administrasi dari barang – barang persediaan dibagian dek.
- Bertugas jaga muatan ketika sedangk bongkar muat muatan.
- Bertanggung jawab atas komunikasi GMDSS.
- Penanganan tambat dan jangkar kapal.
- Bertindak sebagai Petugas Medis jika dibutuhkan.
Mualim III/Third Officer
Seorang perwira khususnya mualim tiga memiliki tugas dan tanggung jawab berbrda dengan mualim 2 dan 1, mualim tiga Harus memahami hal-hal yg menjadi tugas dan tanggung jawabnya berikut ini adalah tugas dan tanggung jawabnya: - Mualim tiga harus tau cara perawatan alat-alat keselamatan.
- Mualim tiga diwajibkan mengetahui cara pengoperasian alat-alat phyrotecnic (isyarat bahaya),
- Mengetahui tata letak dan cara-cara perawatan alat-alat pemadam kebaran (APPAR),
- Mengetahui cara perawatan dan penggunaan beserta fungsi alat-alat Penolong diri seprti Lifebuoy, life jacket, rescue boat, Sekoci, isi dari rescue boat, isi atau perlengkapan sekoci.
Kepala Kamar Mesin / KKM
- Penanggung jawab dan memimpin dalam engine department.
- Mengecek dan memastikan working procedure dan list maintenace bagian mesin yang disusun oleh Masinis II.
- Bertanggung jawab atas semua mesin dan alat bantu permesinan di atas kapal.
- Mengawasi pengoperasian mesin serta inventaris mesin.
- Memberikan perintah kerja untuk ruang mesin dan memeriksa kemajuan pekerjaan perbaikan.
- Mengawasi dan ikut dalam pekerjaan pemeliharaan seperti overhaul.
- Melakukan perhitungan kebutuhan bunker kapal dan dibantu oleh Masinis IV.
- Menerapkan hukum dan ketertiban di ruang mesin.
- Menangani mesin utama selama periode kritis.
- Mengawasi sebagian besar pekerjaan teknis di ruang mesin dan melaporkannya ke perusahaan dengan persetujuan Nakhoda.
- Bertanggung jawab atas mesin selama keadaan darurat dan melaporkan kepada Nakhoda sebagaimana mestinya.
Masinis I
masinis I adalah pelaut berlisensi yang bertugas di departemen mesin pada kapal niaga. Masinis I bertanggung jawab mengawasi kegiatan operasi dan pemeliharaan harian di departemen mesin. Masinis I bertanggung jawab langsung kepada kepala kamar mesin.
Pada kapal niaga, masinis I adalah jabatan tertinggi kedua di departemen mesin. Karena bertugas mengawasi, selain bertanggung jawab atas sistem refrigerasi, mesin utama (turbin gas/uap, diesel), dan peralatan lain yang tidak ditugaskan ke masinis II atau masinis III, masinis I biasanya adalah masinis tersibuk di atas kapal.
tugas masinis I
Tugas utama dari masinis I adalah menjadwalkan dan mengarahkan kegiatan pemeliharaan di kamar mesin. Karena kepala kamar mesin tidak selalu dapat berada di kamar mesin setiap hari, sebab ada tugas lain yang harus dikerjakan, maka masinis I wajib melaporkan kondisi dan kebutuhan mesin ke kepala kamar mesin. Masinis I harus familiar dengan sistem kapal, jadwal perbaikan, dan hasil uji yang didapat dari sampel minyak atau air.
Masinis II
- Sebagai Asisten Chief Engineer dalam melakukan sebagian besar pekerjaan atas nama Chief Engineer.
- Bertanggung jawab atas semua item mesin: roda gigi kemudi, pompa, mesin bantu dan perawatan mesin utama.
- Bertanggungjawab atas daily maintenance dan operation mesin induk
- Bertanggung jawab atas ruang mesin dan semua personil di engine department dengan memberi mereka jadwal kerja harian mereka.
- Membuat working procedure dan daftar perbaikan.
- Bertanggung jawab atas pemeliharaan mengenai tangki induk kapal.
- Melakukan jaga laut sesuai jam jaganya.
Masinis III
- Memelihara dan pengoperasian Motor bantu
- Memelihara dan pengoperasian Boiler dan mesin pendingin
- Memonitor kebutuhan dan pemakaian bunker kapal dan oli dari mesin kapal.
- Melakukan jaga laut sesuai jam jaganya.
Masinis IV
Tugas dan Tanggung jawab masinis IV di atas kapal adalah sebagai berikut
- Bertanggung jawab atas pemeliharaan dan pengoperasian pompa, kompresor, sewage plant, incinerator, separator, sludge and bilge dikamar Mesin.
- Membantu penyiapan bunkering ke Chief Engineer (KKM)
- Melakukan jaga laut sesuai jam jaganya.
Mandor Mesin(Foreman)
Tugas dan Tanggung jawab mandor mesin di atas kapal adalah sebagai berikut
- Sebagai pelaksana kepala kerja / mandor sesuai dengan order atau perintah yang diberikan oleh Masinis II.
- Membantu dalam pemeliharaan dan perawatan mesin kapal secara umum.
- Menerima dan menyimpan spare parts mesin kapal di storage.
- Membuat packing atau komponen untuk mesin – mesin jika tidak ada stock di atas kapal.
Juru Minyak (Oiler)
Tugas dan Tanggung jawab oiler di atas kapal adalah sebagai berikut
- Memiliki tugas atas Jurnal mesin untuk dilaporkan kepada masinis jaga.
- Membantu foreman apabila dibutuhkan oleh foreman.
- Membantu Perwira (Engineer) dalam Overhaul, Cleaning, dan Painting
Kelasi Mesin (Wiper)
Tugas dan Tanggung jawab kelasi mesin di atas kapal adalah sebagai berikut
- Bertanggung jawab atas kebersihan engine room.
- Membantu Perwira (Engineer) dalam maintenance mesin dan motor
Juru Mudi (AB Seaman)
Tugas dan Tanggung jawab juru mudi di atas kapal adalah sebagai berikut
- Melakukan tugas kenavigasian kapal dengan mengemudikan ketika kapal berlayar
- Membantu serang untuk melakukan kerja harian.
- Tanggung jawab atas untuk memelihara kebersihan di bagian dek kapal.
- Tugas jaga laut selama dalam pelayaran sesuai dengan giliran jaganya serta membantu Mualim jaga apabila di pelabuhan.
- Membantu menyiapkan alat bongkar muat.
Serang (Boatswain)
Tugas dan Tanggung jawab boatswain di atas kapal adalah sebagai berikut
- Membantu kerja bagian dek kapal sesuai instruksi Mualim I.
- Melakukan dan merawat kapal bagian dek.
- Penyambungan kawat, mencampur cat, membersihkan, pembersihan karat di dek, mengatur gudang, membantu chief officer selama anchoring.
- Mempunyai bawahan yaitu AB dan Kelasi.
- Dalam keadaan tertentu jika dibutuhkan, maka membantu pelaksanaan bongkar muat muatan.
Kelasi (Ordinary Seaman)
Tugas dan Tanggung jawab ordinary seaman di atas kapal adalah sebagai berikut
- Personil peringkat terendah di departemen dek.
- Melakukan pembersihan umum kapal
- Menyiapkan alat bongkar muat
- mengecet dan membantu perbaikan kapal bagian dek.
- Membantu mualim juga untuk jaga laut selama dalam pelayaran sesuai dengan giliran jaganya.
- Engine Cadet
- Engine Cadet adalah bertanggung jawab belajar tentang permesinan yang ada di kamar mesin sesuai perintah yang ada di CRB (Cadet Record Book) dari masing-masing lembaga diklat. Yang bertanggung jawab terhadap cadet mesin adalah Masinis Satu (First Engineer). Jadi keputusan baik buruknya nilai seorang cadet bisa tergantung pada Masinis Satu.
- Deck Cadet
- Cadet Deck memiliki tugas dan tanggung jawab secara umum yaitu belajar mengenai tata cara mengemudikan kapal dan belajar mengoperasikan peralatan navigasi dan banyak lagi yang ada hubungannya dengan nautik departement.
Chief steward (Kepala Bagian Perbekalan)
Tugas dan Tanggung jawab chief steward di atas kapal adalah sebagai berikut
- Memimpin catering departemen di dapur kapal.
- Bertanggungjawab atas akomodasi dan kebutuhan makanan crew kapal dan penumpang diatas kapal.
- Menyediakan dan mengatur segala kepbutuhan perbekalan diatas kapal.
- Membuat daftar personel effect untuk menyelesaikan clearence dengan beacukai, apabila kapal singgah di pelabuhan.
- Memasak makanan dan menyajikan hidangan sesuai dengan kebutuhan.

Tidak ada komentar:
Posting Komentar